resep dan cara membuat pastel tutup panggang

Kali ini, mau bagi-bagi resep pastel tutup ala Fely. Resepnya diambil dari resep mama yang udah ku modif sesuai selera. :P. Udah gitu, isinya istimewa, bok. Lebih lengkap dibanding pastel tutup yang biasa dijual pada umumnya. Dijamin, pastel tutup ini akan mengacaukan program diet anda. 😛

BAHAN:
500 gr kentang kukus, lalu haluskan

BUMBU TOPPING:
½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
2 sdm margarin
1/2 sdt penyedap rasa
5 s/d 10 sdm susu cair

FINISHING untuk dioleh di atas topping:
1 kuning telor dan serutan keju (bila suka)

ISI :

  • 25 gr soun, rendam air panas, potong2 4 cm
  • 25 gr jamur kuping, rendam, iris halus memanjang
  • 4 sdm kacang polong kalengan
  • 150 gr wortel, iris kotak2 kecil2
  • 4 butir telor rebus (biasa kuningnya ga g pake. Soalnya mama g ada khan ada kolestrol. :P) potong kotak2.
  • 150 gr fillet dada ayam rebus, potong kotak2 kecil2.
  • 6 lembar smoked chicken potong2 ukuran besar
  • 1/4 kaleng maling (itu lo, ham babi. :P) potong kotak2 kecil
  • 2 sdm margarin, untuk menumis
  • 1/2 butir bawang bombay, cincang
  • 250 cc kaldu ayam
  • 250 cc susu cair
  • 1,5 sdt garam (sesuai selera)
  • 1 sdt merica bubuk (sesuai selera)
  • ½ sdt pala bubuk (sesuai selera)
  • 1 sdt gula pasir (sesuai selera)
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • bawang putih n bawang merah goreng secukupnya (ga pake juga gpp. tergantung selera)

untuk mengentalkan pake terigu 1 s/d 3 sdm (tergantung selera. G suka yang kental jadi g pake 3 sdm. suami g suka yg berkuah, jadi g kasih man 1/2 sdm)

CARA BIKINNYA:

1. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin.

2. Campur topping kentang dengan bumbu topping, sisihkan.

3. Taruh 1/2 bagian kentang di dasar pinggan, ratakan. (kalau mau pastel yang berkuah spt favorit suami g, nggak usah di kasi kentang di dasarnya, langsung aja isinya, dan kuahnya. kentang semua buat tutup aja)

4. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan pala bubuk, hingga harum,

5. Masukkan daging ayam dan maling. Aduk, tuangi kaldu.

6. Masukkan soun, jamur, kacang polong, daun bawang, wortel, dan putih telor. Tuang susu, bubuhkan garam, merica dan gula.

7 Aduk hingga wortel matang, angkat. (kalau mau versi kental, masukin tepung terigu yang udah dicampur aer secukupnya – g sih mayan banyakan aernya. 100 ml an- aduk cepat, hingga mengental… jangan terlalu kental, karena saat dingin adonan bakal makin mengeras).

8. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah di alas topping kentang, atur potongan smoked beef di atasnya (lumayan, dgn cara ini, ngatur toppingnya lebih gampang n rapi. Tapi kebanyakan orang suka telor rebusnya yg dipotong tipis2 trus ditaruh di atas adonan. Soalnya kuning telor rebus suka berantakan kalo dicampurin ke adonan).

9. Taruh topping kentang di atasnya. Rapikan topping.

10. Olesi permukaan kentang dengan kuning telur, kalau mau, buat motif gurat dengan garpu diatas permukaan kentang setelah di oles kuning telur, panggang selama 30 menit, atau hingga kekuningan. Angkat. (g sih panggang dulu 15 menit, abis itu baru g olesi kuning telor or kasi serutan keju, trus baru dipanggang lg)

resep dan cara membuat pastel tutup panggang
resep dan cara membuat pastel tutup panggang

Jadi deh pastel tutup panggang!!!! Panjang ya cara bikinnya. Hihihi… sebenernya gampang bgt kok bikinnya. Cuma ribet di urusan rebus merebus dan potong memotong bahan itu. Asli bikin encok bok. Jereng mata g melototi telenan. 😛 Demi suami, gpp, deh. 😛